Resep Jalangkote Khas Makasar Viral Enak Dan Sederhana

Resep Jalangkote Khas Makasar Viral Enak Dan Sederhana | Halo sobattahu semua dimanapun kamu berada. Masih dalam suasana bulan ramadhan dimana bulan ini kita diberikan keberkahan berlipat ganda dalam mengerjakan kebaikan-kebaikan, jadi jangan lewatkan kesempatan besar ini untuk terus melakukan kebaikan. Contohnya aja admin yang akan terus berbagi dan membagikan informasi-informasi bermanfaat untuk sobattahu semuanya, jadi tetap supportnya ya sobattahu semuanya. Ok langsung saja, pada kali ini kita akan membuat jalangkote khas daerah Makassar Sulawesi Selatan nih sobattahu. Itung-itung resep kali ini nih bagi para sobattahu yang kekurangan ide mau bikin apa saat berbuka puasa nanti atau bisa dijadikan referensi untuk kumpul lebaran bersama keluarga terdekat nih sobattahu, pokoknya dijamin dapat menghangatkan suasana nih, yuk kenalan dulu sama kuliner satu ini sobattahu. 

Baca Juga : Resep Sederhana Membuat Nugget Pisang Yang Hits

Resep Kue Lidah Kucing Peninggalan Kolonial Belanda

Apa Itu Jalangkote khas Makasar…???

Jalangkote adalah pastelnya orang Sulawesi Selatan yang ibukotanya adalah Makassar. Jalangkote Khas Makasar ini Bedanya dengan pastel pada umumnya yaitu terletak pada kulitnya yang lebih tipis serta disajikan bersama kucuran saus sambel asam pedas manis. Sementara untuk bumbu dan bahannya cukup mudah untuk ditemukan atau didapatkan seperti bawang merah, bawang putih, merica dan lainnya. Untuk bagian isinya ada kentang yang sudah dihaluskan serta toge kacang hijau. Pokoknya kuliner dari Sulawesi Selatan ini pasti nikmat disantap saat kumpul bersama keluarga besar ataupun juga bisa dijadikan menu untuk berbuka puasa nih sobattahu.

Tips Resep Rahasia Jalangkote Khas Makasar

Adapun sedikit info supaya resep jalangkote khas Makasar yang kita buat lebih sempurna yaitu perpaduan kulit tipis renyah bergelembung dengan isian yang padat serta tidak basah atau berminyak, ditambah pinggirannya yang tidak terlalu tebal. Sedikit tipsnya adalah tidak menggoreng dengan api yang terlalu kecil serta sangat tidak dianjurkan menggunakan menggunakan minyak yang berlebihan. Sebab dari hal itu akan menyebabkan jalangkote lama matang dan menyebabkan minyak meresap terlalu banyak kedalamnya.

Begitu banyak kreasi dan inovasi belakangan ini termasuk jenis kuliner-kuliner daerah yang ternyata tak luput dari perbaruan seperti halnya jalangkote ini bisa ditambahkan dengan kuah rasa kari serta cabe layaknya Martabak Mesir seperti khas Timur Tengah. Tentu semakin menarik dan menambah kenikmatan saat santap berbuka ataupun bekumpul dengan keluarga terdekat, jika ada jalangkote ini ditengah suasana hangat ini nih sobattahu. Udah penasarankan resep bahan dan cara membuat kue jalangkote khas daerah Sulawesi Selatan ini viewers, baiklah kalo begitu simak dan silahkan dipraktekan langsung info tips dibawah ini.

Baca Juga : Resep Sederhana Membuat Nugget Pisang Yang Hits

Resep Kue Lidah Kucing Peninggalan Kolonial Belanda

Bahan-Bahan Yang Harus Disediakan :

Untuk Bahan Kulit

– 250 gram terigu.

– ½ sendok teh garam. 

– 125 hingga 150 ml air hangat.

– 15 gram margarin yang telah di lelehkan.

– 2 sendok makan minyak panas.

Untuk Bahan Isian :

– 2 buah wortel yang sudah dipotong kotak-kotak kecil dan sudah dimasak sebentar.

– 2 buah kentang yang sudah dipotong kotak-kotak kecil dan sudah dimasak sebentar.

– 200 gram daging cincang.

– 100 gram tauge.

– 1/2 bungkus soun yang sudah diseduh dengan air panas dan ditiriskan.

– 2 batang daun bawang yang telah di iris-iris.

– 2 tangkai seledri yang telah di iris-iris.

– 2 sendok teh garam.

– ½ sendok teh merica.

– 2 sendok teh gula pasir.

Bahan Bumbu yang Dihaluskan

– 5 siung bawang merah.

– 3 siung bawang putih.

Bahan Saus Sambal ( haluskan dan masak semua bumbu kecuali cuka yang dimasukan terakhir).

– 2 siung bawang putih.

– 5 cabai rawit.

– 200 ml air.

– 2 sendok makan gula pasir.

– ½ sendok teh garam.

– ½ sendok teh cuka.

Cara Membuat

Cara membuatnya pertama tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok makan minyak.

Lalu masukan daging cincang aduk-aduk hingga agak sedikit matang, lalu masukan wortel dan kentang kemudian aduk rata.

Setelah itu tambahkan garam, merica dan gula lalu aduk-aduk lagi hingga bumbu tercampur merata ke semua bahan yang tengah di masak.

Masukan daun bawang, seledri dan tauge lalu aduk-aduk kembali hingga semuanya tercampur.

Lalu matikan api, dan masukan soun lalu aduk-aduk kembali hingga semua bahannya tercampur rata dan diamkan hingga dingin.

Setelah itu Anda bisa langsung membuat kulit jalangkotenya dengan cara masukan terigu dan garam dalam mangkuk lalu diaduk rata.

Jika sudah diaduk merata silahkan masukan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata.

Lalu masukan minyak panas sedikit demi sedikit sambil semua adonan masih tetap di aduk-aduk biar semua bahan tercampur rata.

Setelah itu tambahkan air sedikit-demi sedikit sambil masih terus di aduk-aduk lalu Anda bisa menguleninya hingga semua bahan menyatu.

Lalu pipihkan sedikit adonan kulit menggunakan tangan setelah itu menggunakan penggiling makanan sampai bahan dipipihkan menjadi tipis.

Lalu cetak bulat kulit jalangkote menggunakan mangkuk atau pisau dan masukan isian jalangkote ke kulit yang berbentuk bulat.

Olesi pinggiran kulit dengan sedikit air, lalu tangkupkan kulit dan isinya membentuk setengah lingkaran.

Setelah itu rapatkan pinggirannya dengan dipijit begitu kuat agar sisi-sisi kulit menyatu dan isian adonan tidak mudah bocor keluar dari kulit.

Setelah itu lipat sedikit-sedikit ujung kulit yang telah dipijit dengan menyambungkan tiap ujung lipatan kulit.

Setelah itu Anda bisa langsung menggoreng jalangkotenya dengan menggunakan minyak panas dan api sedang.

Jika jangkote sudah berwarna kecoklatan segera tiriskan lalu bisa langsung disimpan di piring saji dengan kucuran saus asam manis pedas dan sudah siap untuk disantap.

Selamat Mencoba Sobattahu semua jangan lupa di share serta silahkan tinggalkan komentaranya ya jika bermanfaat dan bagus info kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung sobattahu. Di post pada [19/05/2020 | Tahuinfo.com].

Dikutip dari pikiranrakyat.com

Baca Juga : Resep Sederhana Membuat Nugget Pisang Yang Hits

Resep Lidah Kucing Peninggalan Kolonial Belanda

Be the first to comment

Tinggalkan Komentar...